Kamis, 07 Mei 2015

SAHABAT ABADI edisi pendakian pegunungan Karst Kutai Timur.



Lutut bertekuk menyentuh dagu, merayap melewati jurang-jurang tebing dengan vegetasi hutan tropis di pegunungan karst, 10 jam lamanya pendakian kali ini, normal pendakian biasanya hanya 6 jam, tidak tinggi, hanya sekitar 600 mdpl (meter di permukaan laut), tapi, jalur trackingnya sungguh menentang nyali, apalagi dikala batu karst berjatuhan, tangan kukuh mencekam apa saja yang dianggap kuat untuk menumpu beban agar tak berresiko jatuh, kerjasama dalam tim pendakian sangat membantu untuk menghidupi semangat yang hampir redup diterpa keletihan, ego pun berputar diantaranya, inilah sebuah tantangan yang sesungguhnya, pencapaian bukanlah puncak, tapi pencapaian adalah melawan ego, dan kami belum seutuhnya bisa, masih harus terus banyak belajar, dan terus belajar.

Foto bareng KOMPAD Kutai Barat dan GEMPALA Kutai Timur di Puncak Jepu-jepu, Pegunungan Karts, Kutai Timur (Foto by Ride)
Salah satu sudut pegunungan Karst di Kutai Timur (foto by Yana)
Foto by Ride
Foto By Ride
Mereka penikmat ketinggian
Jalur menuju puncak Jepu-jepu dan puncak tertingginya adalah puncak Sejati di Pegunungan Karst Desa Sekerat, Kutai Timur, dibuka tanpa menebas pohon sedikit pun, hanya di beri tanda pita merah putih, sungguh mereka sangat menjaga alamnya, dan dari merekalah kami banyak mendapatkan ilmu, pengalaman dan tentunya pengertian yang benar tentang PA (Pecinta Alam).

Luar biasa sambutan dari kawan - kawan GEMPALA, kami terharu :)
Sebelum melakukan pendakian, kami KOMPAD Kutai Barat (Komunitas Pecinta Alam Damai) yang baru berumur hampir dua bulan ( 15 Maret 2015 ) diberi pelatihan tentang : First Aid, SRT beserta tali – temali, Survival, Caving, Mountering, Menajemen Perjalanan dll oleh tim GEMPALA edelwies (Generasi Muda Pecinta Alam), yaitu sebuah Komunitas Pecinta alam yang berlokasi di Bengalon, Kutai Timur.

Pelatihan First Aid
Pelatihan tali - temali (simpul)
Pelatihan SRT

Sore hari, usai materi yang disertai praktek langsung, kami menuju pantai untuk mempraktekkan teori tentang survival air, lalu, tepat pukul 2 pagi, kami dibangunkan, dan berbaris serta berjalan dikegelapan dengan beberapa instruksi yang harus kami ikuti, ini benar-benar diluar dugaan kami, kami mendapatkan banyak teori langsung tentang LADAS (Latihan Dasar) Pecinta Alam.

Kami terharu, dan kami bingung, tapi kami sangat bersyukur, di usia muda komunitas kami ini, kami mendapatkan sahabat yang begitu ikhlas nya mau membagi ilmu tanpa pamrih, dan sungguh hal luar biasa bisa mengenal mereka yang selalu berjuang demi pelastarian alam di daerah mereka.
makan bareng :D
“Tetapi alam bisa membalas kapan saja, kalau orang menyakitinya“ ini hanyalah salah satu petikan kalimat didalam sebuah buku tentang gunung. Sedikitpun mereka (GEMPALA) tak ingin alam disakiti, sikap ini terlihat jelas dari gerakan positif mereka selama bersama kami, baik di saat touring, tracking, dan disepanjang kegiatan, kami harap sikap itu pun ada di kami.

Kaki berlumpur, kami tetap tersenyum, apa lagi diiringin kalimat – kalimat “eh, tolong aja ya“ , kala batu kerikil karts yang rapuh berjatuhan, kami tetap tersenyum lagi penuh fokus, diiringi kalimat “batu.. batu.. batu..“ dan di jawab “hadir“. Belum lagi celoteh “reseee” disaat sedang melewati tanjakan “aduhai” tanjakan yang benar-benar memiliki kemiringan 90 derajat.  Kami kangen kalimat ditempat itu, dan kangen mereka, mereka Sahabat kami, Sahabat Abadi, GEMPALA edelwies.


itu siapa ?? yoyok ?? (foto by Yana)
Melewati pantai untuk menuju start pendakian (foto by Yana)

Melewati rawa

Salah satu track yang 90 derajat :D

Foto by Reza


Foto by yana

Masak di kegelapan hahha
dan mereka pun terlelap ckcckk






17 komentar:

Agus Susanto mengatakan...

klo gak salah gunung karst ini yg dibilang mengalahkan trackingnya gunung raung ya mbak..?

rahmayana rebang mengatakan...

bisa jadi :D

novhela sari mengatakan...

Aaahhh.. ikut seneng dapat sahabat baru.. sayangnya kemaren gak bisa ikut.. salam kenal ya mba.. saya dari gempala juga..

rahmayana rebang mengatakan...

kenal balik novhela :)

Heriansyah Masdar mengatakan...

Keren.. mohon info kontak TIM yg dari KUTIM/sangata ya mba.. tks

Heriansyah Masdar mengatakan...

Keren.. mohon info kontak TIM yg dari KUTIM/sangata ya mba.. tks

Indirwan Yurizal mengatakan...

Mba yana sebgai penulis, sekiranya bisa berbagi info untuk tambahan referensi skripsi saya mba... kebetulan saya penelitian di sana juga tp di kaki gunungnya z untuk penelitian infiltrasi... saya butuh info mba ttg karst di gunung sekerat... sekiranya mba punya informasinya dan bisa membantu.. trima kasih banyak mba.. sukses slalu

Dede Ruslan mengatakan...

Bener-bener survival banget yaa, btw hutannya masih lebat banget semoga terus terjaga :)

doli nafati tela mengatakan...

what a trip! perjalanan yg sangat mengesankan bersama teman teman mengexplore borneo!

salam dari Samarinda!
http://dolinafatitela.blogspot.co.id/

rahmayana rebang mengatakan...

all : maaf hampir setahun ga buka blog, karena akses internet susah, untuk tanya-tanya bisa kontak di fb saja ya, akun saya yana rebang. trims

guide mengatakan...

makasih selamat menempuh sang pecinta alam dari saya guide facebook guide

guide mengatakan...

adapun wisata bukit batu dinding long melaham bermacam sipat yang brarti anda sangat senang bila menempuh ke sana bila anda melalui transport darat dari melak menuju mahakm ulu jalan nya bagus di sertai rasa penasaran dan haruslah selalu berhati hati karna perjalanan sperti itu adalah medan. nah selamat menikmati perjalanan mu semoga selamat dan berhati-hatilah jangan emrusak alam mu jangan buang sampah sembarangan yang bisa bikin alam mu murkai mu dan juga tuhan.

Adis takdos mengatakan...

seru banget nih kayaknya! haha keep writing!

Adis takdos
travel comedy blogger
http://www.whateverbackpacker.com

IBU ROSMIATI mengatakan...

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

PAk RUDI DI SEMARANG mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

PAK RUDI mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di ��PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL��

Iskandar Lestari mengatakan...

Assalamu'alikum Warahmatullahi Wabarakatuh

InshyaAllah, Kantor Pinjaman Iskandar Lestari memberikan semua yang telah kehilangan harapan finansial untuk mendapatkan kembali status keuangan mereka melalui pinjaman segala jenis. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email kami: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) karena Anda akan menikmati Persentase Bunga Persentase Tahunan terendah, di bawah bimbingan tim staf yang ramah siapa yang peduli dengan Anda dan keluarga Anda, karena Anda pasti mendapatkan pinjaman yang nyata dan asli dalam waktu kurang dari 73 jam berapa anda membutuhkan dana untuk proyek anda? bisnis expasion pembayaran hutang? Tambahan modal untuk hal-hal yang tidak disebutkan di sini dengan ISKANDAR LOAN FIRM Anda bisa mengatakan Alhamdulillah, karena kami adil, jujur, dapat dipercaya, sopan, dan tentu saja murah hati dalam pelayanan kami jika Anda ingin menghubungi ibu secara langsung, Anda dapat melakukannya melalui BBM INVITE: {D8980E0B} Assalamu'alaikum wr wb, Allahu Akbar ....... Allahu Akbar ........ Allahu Akbar

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates