Rabu, 02 April 2014

PESUT MAHAKAM 'Lumba-lumbanya Sungai' TERNYATA MASIH ADA !!!

Provinsi Kalimantan Timur begitu banyak menyimpan keaneka-ragamanan WISATA baik budaya, alam, laut, sungai hingga satwa langka.


yang dilingkari warna merah adalah penampakan dari PESUT


PESUT adalah satwa langka yang merupakan mamalia air tawar endemik sejenis lumba-lumba yang hidup di perairan Sungai Mahakam, Kalimantan Timur atau disebut Orcaella brevirostris. Satwa ini hampir punah seiring bertumbuhnya kehidupan disepanjang Sungai Mahakam, seperti pembukaan lahan tambang, lahan sawit, limbah-limbah kimia dan semakin banyaknya alat transportasi air yang melewati sungai termasuk kapal tongkang pengangkut batu bara.

PESUT dapat kita temukan di sepanjang perairan Sungai Mahakam, namun tidak semua perairan yang masih dikunjungi oleh PESUT tersebut. Salah satu titik munculnya PESUT yaitu di Sungai Kedang Rantau yang berada di Kec.Muara Kaman Kab.Kutai Kartanegara dan merupakan salah satu dari anak Sungai Mahakam.

sambil menunggu kemunculan PESUT didalam ces/ketinting

Dari Kota Samarinda menuju ke Kec.Muara Kaman, Kab.Kutai Kartanegara bisa menggunakan motor atau mobil pribadi/carter, untuk harga mobil carteran dari Samarinda Rp.900.000 (PP), karena transportasi umum sepertinya belum ada, dengan lama perjalanan antara 3 – 4 jam.

Lalu untuk menyusuri Sungai Kedang Rantau bisa menggunkan ces/ketinting (kapal kecil) yang memuat 6 – 7 orang (termasuk motorisnya). Harga sewa Ces/ketinting Rp.450.000 dengan rincian Rp.250.000 untuk sewa ces, Rp.200.000 untuk upah motorisnya (belum termasuk bensin).

PESUT biasanya muncul jika air sedang pasang (besar), jika air surut (kecil) sangat susah menemukannya, dan Pesut lebih suka bermain di teluk-teluk atau di tikungan sungai yang airnya tidak berarus deras. Namun tidak semua orang bisa beruntung menemukan satwa langka tersebut.

Selain factor keberuntungan, factor sabar juga berperan penting didalam pencarian untuk melihat PESUT, anda harus bersabar dalam hal waktu, karena pesut tidak bisa ditebak kemunculannya, bisa saja ia muncul pagi, siang, sore ataupun malam. Selain waktu kemunculannya, anda diharapkan tidak menimbulkan suara (termasuk harus mematikan mesin ces/ketinting).

Tidak menemukan PESUT, jangan kecewa dulu, karena disepanjang Sungai Kedang Rantau anda masih bisa melihat hewan-hewan lainnya, seperti kadal, monyet, aneka ragam burung termasuk kegiatannya (terbang, berjalan di air, berenang hingga menyelam untuk menangkap ikan), dan lain-lainnya. Pemandangan hutan yang masih alami di sertai awan yang begitu anggun masih bisa memanjakan mata anda, satu hal untuk mengusir kebosanan selama menunggu kehadiran PESUT disarankan anda membawa alat pancing.

burung seperti ini banyak kita jumpai di Sungai Kedang Rantau
salah satu kegiatan sebelum memulai menyusuri sungai tuk mencari munculnya PESUT yaitu melihat ibu-ibu menyiapakan ikan sungai untuk dijadikan ikan asin

awan yang indah di Sungai Kedang Rantau

Senja di Sungai Kedang Rantau
NB : Video menyusul :D

8 komentar:

Iman Rabinata mengatakan...

Pengen ke tempat ini. *berdoa *amiinn

Mungkin musti nyari inpo lebih, di waktu2 kapan saja pesutnya biasa muncul, apa di bulan2 penghujan, apa di malam2 purnama atau ya sejenisnya, supaya kemungkinan melihat bisa lebih besar.

Btw, tulisan ini juga fav saya. Terus menulis mba yana, terutama dgn tema2 lingkungan sekitar dan objek2 yang malah sering dilupakan putra putri daerah.

backpackerborneo.com mengatakan...

pengen banget juga lihat pesut..semoga nanti kesampaian...

rahmayana rebang mengatakan...

mas iman.... next saya akan mencari info lagi tentang waktu2 kapan saja pesutnya muncul, tapi kemungkinan bukan di Muara kaman, tapi di daerah saya sendiri

kak indra... semoga kesampaian yach... masalah nya ga semua orang beruntung bisa melihat pesut, kemarin ada tamu dari jawa menyewa hingga 3 ces, tapi ga nemu pesut nya :(

Apri Grecwin mengatakan...

i wanna see them

rahmayana rebang mengatakan...

sip mas apri...

M. Reza Fahlevi mengatakan...

Luar biasa

M. Reza Fahlevi mengatakan...

Luar biasa

IBU ROSMIATI mengatakan...

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates