Sabtu, 08 Februari 2014

MAMA GURU SARJANA KEHIDUPANKU


Kau tau? Hingga detik terakhir kepergian beliau, dengan menerjang panasnya kota gas & pupuk bontang, hanya untuk mempersembahkan 3 buah apel kepadaku. Dengan penuh senyum yang lebar ia menungguku di pos sekolah, aku tidak paham tindakannya yang tiba-tiba mencium keningku. Hanya sedikit kalimat yang diucapkan kepadaku, lalu pergi meninggalkan kebingungan tersendiri untuk ku yang masih berada didalam lingkungan sekolah saat itu.

Dua minggu kemudian, mama dipanggil Yang Kuasa, beliau meninggal karena serangan jantung, padahal selama ini tak pernah ada keluhan sakit darinya. Kepergian itu meninggalkan aku dan kembaranku yang masih berusia 15 tahun, bahkan sudah ditinggal ayah sejak dalam kandungan 3 bulan. Bingung, itulah yang pertama kali ku rasakan sejak kepergiannya, bingung untuk menentukan masa depan, aku pun menjadi kehilangan panutan hidup.

Permintaan maaf kuhaturkan kepada mama disepanjang hari-hariku, karena sebelum hari kepergian mama aku tak pernah disampingnya, niatku tak mau membuat hidup semakin susah, karena hidup kami sudah susah, dan aku pikir lebih baik aku tinggal dirumah orang menjadi pengasuh anak agar tetap bisa melanjutkan sekolah. Satu penyesalan didalam hati kecilku, hampir sebulan lebih sebelum ajal menjemput mama, aku tak pernah tidur disampingnya, padahal malam sebelum subuh menjemputnya, beliau berucap “tidurlah malam ini bersamaku” dan aku menjawab “tapi aku belum sempat menyiapkan keperluan sekolah untuk besok, jadi aku harus segera pulang setelah acara yasinan dirumah mama”.
14 tahun berlalu dalam kepergiannya sejak 01 oktober 1999. Beliau memang tidak lulus SD & berasal dari keluarga miskin dipedalaman borneo, tapi dialah guru sarjana kehidupan kami, guru dari segala ilmu, yang mengajarkan kami tentang ilmu ikhlas kehidupan, bahkan orang yang paling berjasa didalam kehidupan kami, yang membuat kami bisa hidup dalam rasa syukur sepanjang detik nafas ini, karenanyalah aku pun bisa belajar menghadapi kebingungan ini serta bisa melawati masa-masa perjuangan dalam takdirNya. 
Terima kasih bagimu yang telah mengantarkanku menjadi seorang sarjana kehidupan, yang mana mata kuliahnya hanya ada dua yaitu doa & pengalaman, tanpamu kami tak mungkin bisa seperti ini, walaupun sedih karena saat kami berada dititik kesuksesan karier, namun kami tidak bisa membagi langsung kepadamu.
Bercermin dari pelajaran kehidupanku diatas dalam meraih sarjana kehidupan untuk mereka yang sedang tidak tinggal bersama ibunya saat ini, karena kerja ataupun sedang menimba ilmu, dapat dipetik hikmah bahwa lebih baik meninggalkannya sekali-kali daripada mengunjunginya sekali-kali, karena hidup cuma sekali.
*11-12-13 Kutai barat, Borneo

1 komentar:

IBU ROSMIATI mengatakan...

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates