Rabu, 21 Agustus 2013

YANA SI TUKANG JALAN, BESOK MAU KEMANA YAA??

Sebelumnya aku mau flashback tentang perjalanan-pejalanan ku yang mengelilingi Indonesia, sejak usia dibangku sekolah dasar aku sudah sering jalan-jalan, baik dengan ibuku atau pun hanya seorang diri, namun jalan-jalanku waktu itu hanyalah sekedar ke tempat saudara, teman atau daerah tempat ibu bekerja.

Tepatnya tahun 2006 untuk pertama kalinya aku keluar pulau, dan itu adalah pertama kalinya aku naik pesawat dengan penerbangan Balikpapan – Surabaya, kala itu aku bukan sekedar jalan-jalan, akan tetapi untuk menjenguk keluarga. Lalu di tahun 2007 aku sudah mulai sering jalan-jalan keluar pulau Kalimantan yaitu ke ibu kota Indonesia dan itu untuk pertama kalinya aku menginjak kota Jakarta, beberapa bulan kemudian aku kembali keluar pulau yaitu ke Yogyakarta, namun pada saat itu, semua karena urusan pekerjaan.

2007 berlalu, 2008 berlalu, 2009 juga hingga 2010 aku sudah sering keluar provinsi bahkan keluar pulau, namun semua hanyalah dalam urusan pekerjaan ataupun keluarga, bahkan aku sempat satu bulan tinggal di Yogyakarta untuk urusan pelatihan dari kantor. Tapi aku tetap menyelinginya dengan jalan-jalan berwisata.

Tahun 2011 lah hoby jalan-jalanku dimulai, bukan karena pekerjaan ataupun keluarga, aku memulainya karena ingin refresing dari sebuah beban hidup. Aku memulainya dari daerah diluar kabupatenku yang masih satu provinsi, tepatnya di Balikpapan, pada bulan januari 2011 untuk pertama kalinya aku  naik motor seorang diri dari kabupatenku ke kota Balikpapan dengan jarak tempuh ± 390 km, dan pada saat itu jalan darat sangat buruk sekali dengan hutan yang masih lebat dan sedikit rumah dipinggir jalan, kalau tidak salah dari kabupatenku (Kutai barat) menuju kota samarinda aku memakan waktu hampir 2 hari perjalanan darat. Di kota balikpapan aku sebenarnya tidak ada tujuan, aku hanya berkeingin untuk melalang buana sendiri di kota orang waktu itu.

Masih di tahun 2011, lalu aku berniat untuk benar-benar keluar dari provinsi dalam hal hoby jalan-jalan ini, aku memulainya dari provinsi tetangga yaitu Kalimantan selatan, tujuan ku waktu itu di bulan juni 2011 adalah kota martapura.

Tak mau hoby ini hanya sampai disini, aku kembali untuk jalan-jalan, namun kali ini aku ke kota kelahiranku Bontang, untuk merayakan tahun baru bersama keluarga disana, ya sebelum akhir tahun 2011, kami sekeluarga pergi ke sebuah pulau di dekat kota bontang, namanya pulau beras basah, sebenarnya ini adalah ketiga kalinya aku kesana.

Awal tahun 2012 aku mulai bosan dengan rutinitas sehari-hariku, aku butuh refresing !! ya aku ingin berpetualang ataupun hanya sekedar jalan-jalan, beruntunglah aku mengenal sebuah komunitas yang beranggotakan para traveller, aku sudah bergabung sejak bulan September 2011. Disinilah awal mulanya aku mempelajari cara travelling yang menantang, yang penuh kenangan namun tidak menguras isi kantongku.
Berikut adalah trip perjalanan ku, yang sudah mulai membuat aku menjadi seorang “CANDU TRAVELLING”

2012

20 s/d 24 Januari    Loksado, Kandangan, Kalimantan selatan
ngetrip dengan 15 orang yang baru saja aku kenal, dengan kegiatan trackking selama 2 jam (80 km) ke air terjun haratai, lalu mencoba bamboo rafting selama 2.5 jam, selama perjalanan kita hanya tidur di dalam bis, tanpa aba-aba apapun kami tetap kompak dan yang buat aku kagum gak ada anggota yang manja !!

25 s/d 27 Februari    Bukit Bengkirai, Balikpapan, Kalimantan timur
Kemping untuk pertama kalinya bersama komunitas samarinda backpackers & Balikpapan backpackers

26 s/d 31 Maret    Pulau Derawan, Berau, Kalimantan timur
Terbang dengan tiket pesawat seharga Rp.5.000 alias goceng dari Balikpapan ke Tanjung Redeb, Berau

10 s/d 12 April    Batu Dinding, Kutai Barat, Kalimantan timur
ngetrip pertama kali dengan anak tercinta dan tidur selama 4 malam di dalam kapal serta menjadi host pertama kalinya untuk teman yang dari jakarta

14 s/d 18 Mei    Banjarmasin, Kalimantan selatan
Bikebackpacker (berpetualang dengan naik motor) dengan jarak tempuh 1.623 km dan total habis bensin Rp. 194.000 dengan Rute : kutai barat - tenggarong - samarinda - balikpapan - penajam - tanah grogot - batu kajang - tanjung - barabai - martapura – banjarmasin - martapura - rantau - kandangan - tanjung- batu kajang - penajam - balikpapan - samarinda.

24 sept s/d 28 Sept    Makassar - malino, - tanjung bira - bantimurung (Sulawesi Selatan)
Dua buah durian runtuh aku dapatkan, yaitu uang dari sponsor (aku menyebutnya seperti itu) sebesar Rp.2.000.000 untuk sebuah petualangan & tiket pesawat Balikpapan – Makassar Rp.50.000 dari hasil sebuah undian maskapai.

30 Nov s/d 08 des    Blitar – Bromo – Batu Malang – Madura – Surabaya (Jawa Timur)
Ngetrip ¼ provinsi Jawa timur bersama anak (hanya berdua) dengan total pengeluaran hanya Rp.4.750.000 sudah termasuk transport PP (termasuk tiket pesawat 2 orang PP), penginapan, makan & lain-lainnya. Dan sempat menginap di villa yang biasa sehari tarifnya Rp.2.000.000 namun kami hanya bayar Rp.200.000

……………………………………………………………………………………………………………………..

2013

30 Des s/d 05 Jan    -    Lombok (NTB)
                                   Tanjung Papuma, Jember (Jawa Timur)
                                   HM.Sampoerna, Surabaya (Jawa Timur)

09 Mar s/d 12 Mar    -    Labuan cermin, Berau (Kalimantan Timur)

29 Mar s/d 02 Apr    -    Gunung lawu (Jawa Tengah)
                                   Semarang (Jawa Tengah)
                                   Dataran tinggi dieng, Wonosobo (Jawa Tengah)
                                   Solo (Jawa tengah)
                                   Yogyakarta

13Apr s/d 14 Apr    -    Goa pampang, samarinda (Kalimantan Timur)

25 Apr s/d 29 Apr    -    Bau-bau (Sulawesi Tenggara)
                                   Wakatobi (Sulawesi Tenggara)
                                   Ramang-ramang (Sulawesi Selatan)

18 Mei s/d 22 Mei    -    Kawah ijen (Jawa Timur)
                                   Taman nasional baluran (Jawa Timur)
                                   Gresik (Jawa Timur)
                                   Bondowoso (Jawa Timur)
                                   Lamongan (Jawa Timur)

24 Mei s/d 26 Mei    -    Touring with eSBe dari Samarinda ke Kutai Barat (Kalimantan Timur)

14 Jun s/d 21 Jun     -    Poso - Kepulauan Togean – Palu (Sulawesi Tengah)

03 Agst s/d 10 Agst    -    Palembang (Sumatera selatan)
                                      Lampung
                                      Depok

foto - foto nya disini >> http://yanarebang.blogspot.com/2013/04/jelajah-indonesia-ku.html

3 komentar:

apurie , mengatakan...

waaahh..mbahnya traveller lah...

rahmayana rebang mengatakan...

bukan, cuma tukang jalan aja :)

IBU ROSMIATI mengatakan...

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam