Rabu, 21 Agustus 2013

TARI - TARIAN SUKU DAYAK BENUAQ TUNJUNG (SEBUAH ASET & WARISAN BUDAYA)

Dayak adalah sebuah suku terbesar di pulau Kalimantan yang memiliki begitu banyak sub etnis suku. Diantara beberapa sub etnis suku tersebut berada di Kabupaten saya, yaitu kabupaten Kutai barat, Kalimantan Timur seperti suku Dayak Benuaq, Dayak Tunjung, Dayak kenyah, Dayak Bahau dan Dayak Oeheng. Saya pun masih memiliki sedikit keturunan darah suku dayak, yaitu suku dayak benuaq yang mengalir dari darah ibu saya.

Dan sampai saat ini suku-suku tersebut masih melestarikan budaya adat istiadat didalam kehidupan sehari-harinya, termasuk dalam hal seni tradisional, yang kini mulai banyak dibangkitkan dan dikembangkan oleh para pelaku seni khususnya dalam seni tari-tarian.

Tari-tarian tradisional merupakan aset wisata terbesar bagi Negara Indonesia, serta sebagai warisan adat budaya yang terus dilestarikan, karena tari-tarian tersebutlah Indonesia banyak dikenal di mata dunia internasional. Tulisan saya kali ini akan mengangkat seni tari-tarian dari daerah saya di kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, yaitu Tarian Beliant bawo & gantar yang berasal dari suku dayak benuaq tunjung.

TARIAN BELIANT BAWO

Tarian yang turun temurun sejak jaman nenek moyang dan hingga sekarang yang merupakan ritual  penyembuhan  seperti orang sakit dan penyakit-penyakit lainnya yang tidak dapat disembuhkan secara medis, dalam tarian ini jumlah penari menggambarkan proses ritual singkat acara penyembuhan.


Selain ritual Beliant Bawo, beliant sendiri banyak jenisnya yaitu Beliatn Bawe, Beliatn Sentiyu, Beliatn Kenyong, Beliatn Luangan, & Beliatn Bejamu, semua ritual tergantung dari segi & jenis penyakitnya, karena selain bertujuan untuk menolak penyakit ataupun penyembuhan orang sakit, bisa juga untuk membayar sebuah nazar

TARIAN GANTAR

Tarian yang melambangkan kegembiraan dalam menanam padi ini biasanya disuguhkan untuk penyambutan tamu yang datang ke Kalimantan Timur baik sebagai turis maupun investor dan para tamu yang dihormati kemudian diajak turut dalam menari. Karena suku dayak dikenal dengan keramah-tamahannya. Biasanya tarian ini dibawa dengan memegang sepotong bambu yang dinamakan Gantar.

Gantar merupakan sebuah potongan bambu yang didalamnya diisi dengan beberapa biji-biji padi dan penari juga tidak lupa membawa sebuah tongkat panjang yang merupakan asek untuk membuat lubang ditanah saat menanam padi. Tarian ini berasal juga dari Suku Dayak Benuaq dan Tunjung.

Dan masih banyak seni tarian suku benuaq tunjung lainnya seperti Tari Ngeleway & Tari Ngerangkaw. Pakaian yang biasa dipakai dalam tari-tarian suku dayak benuaq adalah Ulap Doyo, merupakan kain tenunan asli suku Dayak Benuaq yang diambil dari serat daun doyo.

1 komentar:

IBU ROSMIATI mengatakan...

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates