Senin, 15 Juli 2013

TOGEAN, SULAWESI TENGAH

            ‘TOGEAN’ sebuah kepulauan di teluk tomini yang masuk didalam administratif Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah dan termasuk dalam segitiga karang dunia, memiliki 6 pulau besar dan 200 lebih pulau kecil. Tidak banyak wisatawan lokal (Indonesia) yang mengenal daerah ini, namun wisatawan asing sudah sejak lama mengenal daerah ini. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang Togean, dimana ketika saya mengunjungi kepulauan Togean, saya hanya  seorang diri dan berjalan ala backpacker, walaupun saya bukan seorang backpacker karena saya hanya tukang jalan, dan saya tidak pernah untuk bermimpi kesana. Berikut paparan tentang Togean :

Rute perjalananku dari Makassar > Poso > Ampana > Pulau Melenge > Pulau Papan > Pulau Ketupat > Pulau Kadidiri > Pulau Wakai > Ampana > Palu
Pulau Papan dengan view jembatan kayu 800 meter
Sunset dari pulau ketupat, matahari terbenam tepat di atas gunung una-una yang terletak di pulau una-una
rumah warga di desa tabailago
A.ITINERARY
Anda bisa mengikuti itinerary yang telah saya jalani ataupun hanya sebagai bandingan dan sebagai informasi.

Hari Pertama
12:00 -13.40         Chek in airporttax plus nunggu keberangkatan pukul 13.40  40.000
13:40 - 15:05        MAKASSAR – POSO (Pesawat)                                             367.000
16:00 - 21:00        Bandara KasiGuncu – Ampana (Travel)                                 50.000 (Aslinya 60.000)
                            Nginap di Ampana                                                              0 (Saya gratis dirumah warga)
Hari Kedua
08:00 - 08:05        Ampana – Pelabuhan (Motor/ojek biasanya 3.000)               0 (Saya gratis diantar teman)
08:05 - 10:00        Istirahat/Menunggu keberangkatan /dll
10:00 - 17:00        Pelabuhan Ampana – Pulau (Wakai-Ketupat- Malenge
                            -Dolong) saya turun di malenge (Kapal kayu)                       50.000

17:00 - …..                Nginap di Pulau Malenge                                                               0 (Saya gratis dirumah warga) 
Hari Ketiga
08:00 – 08:30        Pulau Malenge – Pulau Papan (Ketinting)                              100.000 (Aslinya Cuma 50.000)
                            Sekaligus singgah di pembudidayaan mutiara,
                            Singgah di Lestari cottage di Pulau Malenge Ujung
08:30 – 13:00        Exsplor Pulau papan (bersama anak pulau papan bermain,
                            berenang, snorkeling, melewati jembatan
                            hingga ke desa malenge ujung)
13:00 – 17:00        Exsplor reff 4, reff 5 (snorkeling ketemu bayi hiu hitam)
                            dan ke pantai sekaligus minum kelapa            
                            kebetulan saya ikut tripnya turis asing (mereka ambil
                            Paket di lestari cottage) namun saya hanya bayar                50.000
                            kalau ambil paket di Lestari cottage antara 300 – 500
17:00 – 00:00        Nginap di Pulau Papan                                                         0 (Saya gratis dirumah warga)
Hari Keempat
07:00 – 08:30        Pulau Papan – Pulau Ketupat (Ketinting)                              100.000 (Bisa ditawar lagi)
10:00 – 00:00        Pulau Ketupat – Danau mariona – pantai karina –
                            pulau boilanga (Ketinting)    PP                                            150.000 (Bisa ditawar lagi)
                            Exsplor Danau mariona dipulau rebang yang ada ubur2
                            Lanjut snorkeling di pantai karina dan lenyeh2 di pulau
                            Boilanga lanjut exsplor sunset di pulau ketupat
                            Sunset nya pas diatas gunung una-una

                            Nginap di Pulau Ketupat                                                       0 (Saya gratis dirumah warga)
Hari Kelima
09:00 – 14:00        Exsplor desa tabailago (trekking 30 menit)
                            Exsplor pulau ketupat (lihat orang buat minyak kelapa,
                            Buat gula aren dll)

14:00 – 00:00        Pulau Ketupat – Pulau Pangempa (ketinting)    0 (Gratis ikut kapalnya fadila cottage)     
                           Biasanya kapal fadila cottage sering pulang pergi ke         
                           Pulau Ketupat untuk mengambil keperluan sembako
                           Dan mengambil karyawannya
                           Exsplor, Snorkling dan keliling pulau

                           Nginap di Pulau Ketupat                                                       0 (Saya gratis dirumah warga)
Hari Keenam
07:00 – 09:00        Pulau Ketupat – Pulau Kadidiri (Ketinting)                         150.000
12:00 – 15:00        Pulau Kadidiri – Pulau Taipi (Ketinting)
                            Exsplor, Snorkling dan keliling pulau                                  0 (Saya gratis)
                            Sebenarnya paket antara 50 – 150       
                            Penginapan di Penginapan Lestari sudah termasuk makan  100.000
Hari Ketujuh
08:00 - 08:30        Pulau Kadidiri – Pulau Wakai                                                 0 (Saya gratis)
                           Biasanya diantar langsung oleh penginapan dan gratis
                           Saya nebeng speedboatnya wisata lain
11:00 - 14:00        Pulau Wakai – Ampana (Kapal kayu)                                    40.000
14:00 - 14:04        Pelabuhan – Tempat travel (Ojek)                                         3.000
                            Bisa jalan kaki sekitar 15 menit
                            Exsplor kota ampana
17:00 - 03:00        Ampana – Palu (Travel Touna) plus satu kali makan             110.000
                            Nginap di Palu                                                                       0 (Saya gratis dirumah warga)
Hari Kedelapan
08:00 - 09:20        Ke Bandara (Ojek)                                                                10.000
09:20 - 10:20        Chek in airpottax                                                                   24.000
10:20 - 11:30        PALU – BALIKPAPAN  (Pesawat)                                       379.000

B.PENGINAPAN-PENGINAPAN DI KEPULAUAN TOGEAN

(semua harga penginapan sudah termasuk makan 3 kali sehari, dan dihitung perorang)
  • Sunset beach                    Pulau Sunset beach (dekat pulau wakai)  150,
  • Pondok Lestari kadidiri     Pulau Kadidiri (dekat pulau wakai)           100, 150  0857-5624-2120, dan 0853-9963-0234 (Ibu Niu, owner) 
  • Black marlin dive resort   Pulau Kadidiri                                           250, 300, 500 http://www.blackmarlindiving.com/
  • Kadidiri Paradise Resort Pulau Kadidiri                                             250, 300, 500 http://www.kadidiriparadise.com/
  • Poya lisa                          Pulau poya lisa (dekat pulau bombana)     150, 200
  • Penginapan Taipi              Pulau Taipi kecil (dekat pulau kadidiri)
  • Losmen togean wisata     Pulau Ketupat                                             100, 150
  • Fadhilla Cottage              Pulau Pengempa (dekat pulau ketupat)      200, 250, 300
  • Lestari Cottage                Pulau Malenge (dekat pulau papan)           150, 200
  • Penginapan Bolilangga      Pulau Bolilangga (dekat pulau ketupat)    150, 200, 300
Lestari cottage
Lestari Cottage
Penginapan Bolilangga

Pulau Bolilangga

Sebagai informasi di ampana hanya ada satu cottage yang di pinggir pantai, yaitu marina cottage, selebihnya untuk penginapan tidak ada yang dipinggir pantai di kota ampana.

C.TRAVEL MINIBUS/MOBIL DI AMPANA

Travel touna        Telp.0464 - 21930            110 (plus makan sekali)
Berangkat setiap hari

Palu – Ampana di pukul 08.00 & 14.00
Ampana - Palu di pukul 17.00

Jadwal Kapal Kayu
sumber Ervina Talalu

K.M Puspita sari telp : (0464) 21307 , (0464) 21798

D.DESTINASI WISATA
1.PULAU PAPAN       

Pantai indah?? Banyak. Laut indah?? Banyak. Tapi jembatan kayu yg 800 meter diatas lautan dengan view yg amazing hanya Αϑα ϑί Togean cobalah merasakan sensasi nya melewati jembatan ini, dimana jembatan ini adalah satu-satu nya jalan penghubung dari pulau papan ke pulau malenge, jembatan inilah penyemangat anak2 pulau papan menuju sekolahnya
Desa pulau papan


   Sebuah pulau kecil yang tidak lebih ditinggali oleh 100 kk ini mempunyai destinasi yang sangat luar biasa dan tidak akan kita temui di daerah manapun. Sebuah jembatan kayu yang kurang lebih panjangnya 800 meter penghubung antara pulau papan dan pulau malenge ujung. Melewati jembatan ini mempunyai sensasi tersendiri, apalagi kita melewati air laut yang bening dan masih terdapat banyak terumbu karang dengan laut yang berombak tenang dan dangkal. Jembatan inilah sebagai penyemangat anak-anak sekolah dasar menuju sekolahnya yang terletak di pulau malenge ujung.

    Desa Pulau papan yang hampir 90 % rumah penduduknya berdiri diatas air laut dan konon katanya (saya dapat informasi tersebut dari bapaknya kepala desa setempat) pada tahun 1960-an pulau papan masih banyak pantai dan daratnya. Terdapat sebuah masjid di desa ini, dan air tawar yang berlimpah dan terdapat beberapa titik bak penampungan air yang mengalir selama 24 jam. Di pulau ini penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan, petani kopra, petani cengkeh, dan pencari kerang.
Petani cengkeh
    Jika anda ingin menikmati pemandangan jembatan kayu 800 meter itu dengan sempurna, anda bisa naik ke puncak batu karang yang terdapat ditengah-tengah desa, selain jembatan anda pun bisa melihat view pantai di depan Lestari cottage di pulau malenge ujung (pulau diseberang pulau papan) selain itu anda juga bisa melihat laut bening dan beberapa pulau dari atas batu karang tersebut.

    Jika anda ingin melakukan perjalanan ala backpackers, di pulau papan ini anda bisa menginap gratis, baik dirumah warga, rumah kepala desa maupun di pelabuhan pulau papan yang tak jauh dari sebuah toko klontongan terbesar di desa pulau papan ini. Yang pastinya anda harus pamit terlebih dahulu kepada kepala desa dan saya sangat sarankan anda bisa membagi sedikit rezeki pada anak-anak disana, sayangnya disana tidak ada yang menyalakan kulkas nya jika Listrik hidup, padahal anak-anak disana kangen sekali es cream, alhasil postingan kali ini judulnya ada kata-kata 'Es cream' :(

    Anda pun bisa bersnorkling ria di sepanjang perairan pulau papan, di depan pelabuhan terumbu karang nya sangat bagus sekali.

Ini adalah ϑί depan Pelabuhan Pulau Papan, Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Tanpa editan dan hanya kamera pocket standart. Disana anda bisa snorkling gratis dan mendirikan tenda gratis, air tawar pun berlimpah, hanya disana tdk Αϑα penjual makanan, tp ingat izin sama kepala desa nya dulu yach, siapa tau bernasib sama denganku, yaitu malah disuruh nginep dirumahnya otomatis makan pun gratis
Pulau Papan dari atas batu karang, lihat jembatannya :)
bersama anak-anak pulau papan
    Namun didesa tersebut tidak ada penjual makanan, kecuali di jam-jam kapal kayu menyandar dipelabuhan (biasanya hari selasa & kamis). Listrik hidup hanya dari jam 7 malam hingga jam 12 malam. signal selular hanya ada jika anda naik ke batu karang ditengah desa, itu pun jarang-jarang.

2.DANAU MARIONA
    


     Anda ingin berenang di tengah-tengah Stingless jellyfish alias ubur-ubur yang tidak menyengat?? Anda bisa berenang di danau mariona. Danau yang terletak di tegah-tengah pulau rebang yang hanya dibatasi oleh batu karang (kita melewati batu karang tersebut untuk menuju ke danau) dan tak jauh dari pulau ketupat (sekitar 15 menit naik ketinting/kapal kecil/speedboat).
ubur-ubur
    Ubur- ubur disini didominasikan ubur-ubur berwarna coklat dan putih. Saya sangat menyarankan jika anda berenang ataupun sekedar berendam di danau ini, anda jangan menggunakan sunblock, tidak pipis di dalam danau, tidak buang sembarangan, dan tidak menggunakan fin.

    Danau ini mulai dikenal sejak wisata asing yang bernama Marion.A mengunjungi danau ini, padahal sudah sejak lama penduduk di pulau ketupat mengetahuinya. Sekarang di danau tersebut sudah didirikan jembatan kecil (dibangun di bulan juni 2013) oleh salah satu pemilik resort.

3.KARINA BEACH
    Sebuah pantai yang tidak jauh dari danau mariona tepatnya disebelah danau ( sekitar 2 menit ), terumbu karang di depan karina ini masih sangat alami, pantainya pun masih bersih dengan pemandangan batu-batu karang

karina beach

4.TERUMBU KARANG
   
    Anda penikmat alam bawah laut?? Di togean masih banyak terdapat terumbu karang yang masih alami, anda bisa bersnorkling ria maupun diving (dari beberapa resort yang memiliki diving center, mereka hanya menyediakan paket bagi yang sudah memiliki sertifikat diving). Ada beberapa titik terumbu karang yang sangat direcomended sekali oleh saya. Yaitu :

  • California reff (dekat pulau bolilanga) jika anda beruntung bisa bertemu lumba-lumba
  • Reff 4, 5 & 6 (dekat pulau malenge) jika anda beruntung bisa bertemu bayi hiu hitam
  • Di depan Pulau pangempa, disini juga terdapat speies ular laut yang besar dan hanya ada satu di dunia dan beberapa speies ikan yang dilindungi
  • Di depan pantai karina di pulau rebang
  • Di depan pulau Taipi kecil
  • Di depan pelabuhan pulau papan dan sepanjang perairan pulau papan
NB : jangan ke Togean di antara bulan desember hingga maret, biasa nya ombak besar, tapi ketika saya kesana (juni 2013) sempat ada angin barat, yang membuat ombak besar juga, alhasil tidak ada kapal-kapal yang berani berlayar.

Kita akan sering menjumpai karang-karang seperti ini sepanjang perjalanan di Togean

Desa di Pulau Malenge

Website yang bisa dikunjungi, webseti tersebut milik sebuah resort www.waleakodi.com

blogspot recomed tentang togean :
http://sambilanjalan.blogspot.com/2012/12/surga-tersembunyi-di-pulau-kadidiri.html 
http://transportinfo.web.id/2012/09/03/cara-ke-pulau-togean-sulawesi-tengah/ 

37 komentar:

Indonesia Riski mengatakan...

bacanya aja udah kaya makan es cream apalagi kesono yak ....
thanks mbak yan infonya sip !!!

biru langit mengatakan...

kerrrreeeeennnn,,,,,,, mba :)
pengen bgt k sana :D

tumi sumiati mengatakan...

Subhanallah, Indahnya negeriku, INDONESIA kita.....Insya Allah ingin kesana.....makasih info nya Rahmayana....barakallah.

rahmayana rebang mengatakan...

Riski.. hehee.. es cream nya bakal ngangenin hehee :)

biru langit.. let's go lah hehe :) smoga segera kesana yach :)

tumi... iya sama-sama, alhamdulilah yach tinggal di Indonesia :)

nuan mengatakan...

Keren bangeeetttt... Hayuklah kesana... Maaau mbaaaakkk... *nabung*

rahmayana rebang mengatakan...

nuan... hayukkkk.. smoga rezeki lekas masuk rekening yach :D

Adi Murdani mengatakan...

Togean sudah saya taruh 5 cm di depan kening saya : )

rahmayana rebang mengatakan...

adi... upsttttt ohya?? semoga segera terrealisasi yach kawan :)

Helenamantra mengatakan...

iyaaa ini yg bikin kangen selama di sulteng, ice cream paling enak kayaknya

numpang share ceritaku waktu di togean yaa, heheh

http://helenamantra.blogspot.com/2013/01/a-year-in-heaven-called-togean.html

Donny Reston mengatakan...

Really nice post.

tikateacool mengatakan...

Saya udah kesana 2 kali mbak, tapi selalu nyidam lagi dan lagi
belum sampe pulau Malenge Mba T.T

mauuuu lageee

Tulus Traveler mengatakan...

keren... infonya detail mbak,,,
gag sabar untuk segera mengunjunginya..
どうもありがとうございます。。。。。:)

rahmayana rebang mengatakan...

silahkan mbak, kita saling berbagi es cream yak :D

rahmayana rebang mengatakan...

trims udah berkunjung mas donny :)

rahmayana rebang mengatakan...

saya juga mau lageee... coz belum ke dolong n una-una T.T

rahmayana rebang mengatakan...

ga sabar ingin lihat foto mu juga disana :)

Iman Rabinata mengatakan...

pulau papan...pulau papan....jrengggg.......................................................................................tibatiba sudah ada di atas jembatan.

rahmayana rebang mengatakan...

wkwkwkk... ..
jrenggggggg........................tibatiba sudah didalam selimut kamar, kayak mimpi :D

Sweety Pie mengatakan...

kerenn,,,, minta alamat email dong mau tanya2..niy

rahmayana rebang mengatakan...

email romo.borneo@yahoo.com
sory yach baru balas, coz baru sempet buka :)

muhammad akbar mengatakan...

itinerarynya lengkap banget,
bisa jadi panduan menuju Togean.
bisa nginap gratis juga di rumah warga, beruntung banget

rahmayana rebang mengatakan...

itu belum terlalu lengkap, cuma saya belum sempat mengedit untuk menambah informasinya lagi :)

jika ingin menginap di rumah warga, ada tipsnya di sini >>> http://yanarebang.blogspot.com/2014/02/tips-pengalaman-dalam-mencari-tempat.html

Melinda Rachman mengatakan...

Wah, boleh nih ke Togean. Hitung-hitung belum pernah ke Sulteng. Makasih mbak infonyaa :)

rahmayana rebang mengatakan...

mbak melinda.. iya mbak sama-sama, semoga mbak nya bisa segera ke Togean yach, amien :)

arie mengatakan...

Infonya sadis bnr...super lengkap. Trm ksh sdh mau berbagi :)
Blog ini akan jd referensi sy kelak kalau jd ke togean

rahmayana rebang mengatakan...

arie... terima kasih telah berkunjung ke blog saya :)

untuk teman-teman yang mau bertanya bisa inbox di fb saya yana rebang :)

arie mengatakan...

Siap...senang kalo nemu blog yg ga pelit informasi ginih :)

rahmayana rebang mengatakan...

@arie... hehee

arma santiningrum mengatakan...

Apa benar sekarang kondisi sdg tidak aman utk melakukan perjalanan dr Palu menuju Ampana pd malam hari ?
Kabarnya poso rusuh lagi tntg teroris. Pdhal rncananya kami ingin mengejar ferry keesokan harinya
Mohon informasinya

Unknown mengatakan...

Untuk melakukan Perjalan ke pulau Malenge aman.. Pulau Malenge Tempat tinggal saya tuh... thnks ya,, buat saudara-saudari yang udah dan mau ke Tempat wisata Tersembunyi di Indonesia...

Riaonly Aja mengatakan...

Klo ada yg berminat join k pulau togean tgl 10 okt 16 tiket dr jkt hanya 700rb...yuk bs bareng k sana

IBU ROSMIATI mengatakan...

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Andri Kusuma mengatakan...

Kaa aku juga mau ke togean april 2017 ini. Ada kontak yg bisa aku hubungi ga? Mau nanya2 hehe. Makasih kaa

Nur Aulia mengatakan...

Hi, salam kenal :)) Rencananya juga aku akan solo backpacking ke Togean. Aman ya buat cewe sendiri kesini? Thanks for sharing juga Kak! Lengkap banget :) Ohya ada kontak yg bisa dihubungi ga buat nanya2. Rencananya akhir April akan ke Togean.

Mukmin Badu mengatakan...

Haiii...iya bisa ini nomor wa/hp 081342035519 harry gobel..trima kasih

Mukmin Badu mengatakan...

Aman sis..tenang aja..silahkan klo mau nanya2 juga boleh ini nomor wa/hp 081342035519 harry gobel and busa hubungi juga lewat facebook mindur atau harry gobel..makasih

PAk RUDI DI SEMARANG mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di ��PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL��

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates