Minggu, 02 Juni 2013

WISATA KULINER KU DI NUSANTARA



Kurang afdol rasanya jika kita ke suatu tempat tidak menikmati makanan atau minuman khas daerah tersebut. Wisata kuliner menjadi agenda wajib bagiku, jika ada kesempatan ketika sedang ngetrip ke suatu daerah yang mempunyai keunikan tersendiri dari kulinernya.

Tulisan saya kali ini akan mengajak anda mengelilingi sebagian Indonesia dengan cita rasa masakannya. Indonesia terkenal dengan beragam budaya, agama, suku, dll nya termasuk beragam citarasa kulinernya. Kuliner – kuliner inilah yang membuat saya rindu untuk kembali ke daerah tersebut. apa saja kuliner tersebut, mari kita simak :

KETUPAT KANDANGAN (Kandangan, Kalimantan Selatan).

Kuliner yang berasal dari kandangan, Kalimantan Selatan ini adalah makanan wajib yang harus anda coba jika anda ke Kalimantan Selatan. Makanan yang berkuah santan gurih dengan potongan ikan haruan (gabus) yang telah disalai lalu ditemani dengan beberapa potongan ketupat sangat mudah dijumpai di daerah Kandangan ini. Rasa gurih beraromakan ikan yang telah diasapi tapi ikannya tidak dibelah tipis, melainkan dipotong-potong tebal.


IKAN PARENDE (Sulawesi Tenggara).

Makanan yang berbahan baku dari ikan dengan kuah yang bening segar (biasanya ikan kakap atau tongkol) ini berasal dari Sulawesi tenggara, Rasa gurih kuahnya mirip seperti kuah sup ikan. Dengan kuah yang disantap selagi hangat ditemani dengan makanan utama khas Sulawesi tenggara yaitu KASOAMI (berbahan dasar dari singkong) menambah nikmatnya cita rasa kuliner dari daerah ini.

Ikan Parende

Ada 2 tempat yang sempat saya singgahi untuk menyantap kuliner ini, namun cita rasa kedua rumah makan ini agak berbeda. Yang pertama adalah di RM.PASEBA “Pa’Hasan” Jl.Wa ode wau (depan apotik Haidar Farma) Kota Bau-bau, kuahnya lebih bening dan tidak terlalu asam bahkan yang ini lebih mendekati sup ikan bagiku, sedangkan rumah makan yang kedua adalah Onelaro, wanci, Kab.wakatobi dengan rasa kuah yang agak asam hampir mirip dengan cita rasa sayur asam kepala ikan.

KAPUSU NOSU (Sulawesi Tenggara).

Selain Kasoami (berbahan singkong) makanan pokok utama dari daerah Sulawesi Tenggara adalah Kapusu Nosu. Berbahan dasar dari jagung yang dijemur lalu dikuliti hingga berubah warna menjadi putih, lalu dimasak dengan santan. Aroma dan rasa gurih nya membuat menu ini beda dengan makanan pokok lainnya yang ada di Indonesia.

Kapusu Nosu
SOP SODARA (Sulawesi Selatan)

Masih bercerita tentang kuliner di pulau Sulawesi. Sulawesi Selatan terkenal dengan kuliner cita rasa yang berani akan rasa dan banyak kuliner yang berbahan utama dari daging-dagingan. Sop sodara adalah makanan wajib yang harus anda cicipi ketika sedang travelling ke Kota Makassar, sop ini mempunyai nilai plus karena makannya disajikan dengan ikan bandeng bakar yang masih sangat segar karena didapatkan langsung dari tempat kolam pembudidayaan ikan bandeng yaitu di daerah pangkep.

Sop Sodara

PALLU BASSA (Sulawesi Selatan)

Tak jauh beda dengan makanan Coto Makassar yang sudah tekenal bahkan sudah banyak terdapat di beberapa daerah di Indonesia, perbedaan antara coto Makassar dengan pallu bassa yaitu kuahnya tidak hanya ada campuran dari kacang yang dihaluskan melainkan ditambah kelapa sangrai halus, biasanya ditambah telur mentah diatasnya yang mana jika diaduk2 akan menyatu dan matang dengan kuah panas pallu bassa ini, dan tentunya cita rasa yang sangat dahsyat dilidah.
 
Pallu Bassa

SARABBA (Sulawesi Selatan)

Satu-satu nya yang bisa membuatku selalu kangen akan kota Makassar adalah minuman khas Makassar ini. Terbuat dari santan yang direbus bersama jahe dan gula aren serta bisa ditambah dengan telur ayam kampung didalamnya, membuat badan yang lelah menjadi fit kembali, apalagi dinikmati dimalam hari bersama kawan-kawan sambil berbincang-bincang ringan, ditambah dengan beberapa gorengan pisang dan singkong, aduhaiii aku kuaaanggeennn 

Sarabba

SATE BLUYAK (NTB)

Sekarang kita menuju daerah Lombok, NTB. Sate yang berbahan dasar daging ikan yang dicampur parutan kelapa beserta rempah-rempah yang pedas, membuat saya ketagihan untuk menambah tusuk demi tusuk sate yang baru saja dibakar diatas arang.

Sate Bluyak

PLECING KANGKUNG (NTB)

Masih di daerah Lombok, NTB. Kalau saya pikir makanan ini tidak jauh beda dengan urap, namun yang membuatnya beda adalah makannya beralaskan krupuk opak (krupuk dari singkong).
 
Plecing Kangkung

SATE KELOPO (Surabaya)

Indonesia mempunyai begitu banyak aneka ragam kuliner “SATE”. Sate adalah kuliner dengan cirri khas menggunakan tusuk bambu sebagai penyatu satu demi satu daging atau adonan ikan dllnya.
Sate kelopo tak jauh beda dengan sate-sate kebanyakan, sambal kacang sebagai pelengkapnya pun sama dengan sate-sate yang lainnya, hanya saja sate ini sebelum dibakar, dimasukkan didalam tambahan sangraian kelapa agak kasar yang sudah diberi bumbu-bumbu. Nasi sebagai pelengkapnya pun tak luput ditaburi sangraian kelapa yang lebih halus seperti serondeng. Sate kelopo ini bisa anda jumpai di Kota Surabaya.

Sate Kelopo

BEBEK MERCON (Surabaya)

Masih di Kota Surabaya, masakan kali ini tak jauh beda dengan masakan bebek goreng lainnya, yang membedakannya hanyalah dari segi pelengkap sambalnya yang lebih terasa pedas (bisa ditambah level pedasnya).

Bebek Mercon

BAKSO (Blitar)

Lain sate lain bakso, yup dua panganan kuliner Indonesia yang terdapat disemua daerah di Indonesia ini menjadi ketertarikan saya untuk mencari di tempat mana yang paling enak. Selama saya pernah berkeliling untuk makan bakso, bakso di alun-alun Kota Blitar inilah yang pualing uenakk. Bakso nya ada dua pilihan, bakso rebus atau bakso goring, kalau saya pilih dua-dua nya hehee J


PECEL PINCUK (Kediri)

Pasti anda taulah kuliner yang satu ini, pecel adalah panganan yang terdapat campuran berbagai sayur yang diberi sambal kacang dilengkapi dengan rempeyek. Menurut saya pecel yang paling enak (menurut saya loh) itu berada di stasiun Kereta api di Kediri, Jawa Timur.

OSENG-OSENG MERCON (Yogyakarta)

Yogyakarta adalah salah satu kota surganya kuliner, salah satu kulinernya yang menjadi favorite saya adalah oseng-oseng mercon. Tumisan daging yang dioseng dengan puluhan kilo Lombok ini akan membuat ledakan takjub didalam mulut anda. Ada yang berminat lomba makan oseng-oseng mercon ini bareng saya?? Saya bersedia menjadi lawannya, apalagi jika dikasih tiket pesawat PP gratis heheheee..

NASI LIWET (Solo) 
                                                                  
Anda pernah merasakan nasi kebuli? Atau nasi gurih? Yupzz nasi yang dimasak dengan beberapa rempah dan dicampur santan ini juga sebagai pelengkap kuliner asal solo, jawa tengah. Selain Nasi Gurihnya, nasi liwet dilengkapi juga dengan sayur santan (isinya Kayak labu siam), ditambah irisan tahu yang dikukus, telur yang didadar dan santan kental serta lauk pauk (Ayam goring atau telur rebus).

Nasi Liwet

SATE AYAM (Solo)

Masih bercerita kuliner di daerah solo. Ketika saya berada di kota ini, pagi itu saya memang berniat untuk mencari serapan pagi sebelum kembali ke kota saya dengan pesawat. Dari kejauhan saya melihat begitu banyaknya antrian orang-orang didepan seorang ibu yang duduk di emperan toko dan didepannya ada sebuah panci besar dengan tumpukan lontong-lontong nasi. Ternyata dia menjajakan makanan untuk serapan yaitu “sate ayam”. Saya bingung karena dia tidak membawa arang untuk membakar sate tersebut. Ternyata satenya sudah dibakar dirumah dan langsung dicampur dengan sambal kacang didalam panci lengkap dengan tusuk-tusuknya. Mungkin selama saya berwisata kuliner “sate ayam” sate inilah yang unik dan paling enak, dan ternyata penjualnya adalah orang Madura bukan solo, pantesssss J sate Madura gitu loh. Selain sate daging ayam didalam panci terdapat juga tulang-tulang ayam yang sudah diambil dagingnya dan ceker ayam, anda bisa menikmati itu hanya di sini (yah lupa daerah mana di kota solo nya wkwk)


KENTANG GORENG (Dieng, Wonosobo)

Dieng terkenal sebagai daerah penghasil Kentang. Panganan khas nya pun banyak berbahan dari kentang. Yup kuliner cemilan kentang di dieng banyak kita jumpai. Gorengan dari potongan kentang yang hangat sangat cocok dinikmati dengan cuaca dinginnya dieng.


Kentang Goreng DIeng



Itulah beberapa kuliner yang telah saya icipi dibeberapa daerah di Indonesia, dan pastinya saya ingin kembali mencoba kuliner tersebut. kapan yach ?? hemmmm…..

1 komentar:

IBU ROSMIATI mengatakan...

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates