Minggu, 12 Mei 2013

WISATA AIR TERJUN INAR KU KINI???


“Jangan kau Tanya apa yang telah diberikan Negara padamu,
tapi tanyalah apa yang telah kau berikan pada Negara”
         
Sejak saya membaca serta menelaah kalimat tersebut, sejak itu pula, setiap kali mau mengeluh tentang Negara kita Indonesia saya selalu menghitung-hitungnya, bolehkah saya mengeluh??. Mengapa sering sekali masyarakat mengeluh kepada negara terkhususnya kepada pemerintahnya, yup, karena meraka merasa kurang puas baik masalah pembangunan, infrastruktur, pariwisata, pendidikan, dll-nya, sedangkan masyarakat selalu membayar pajak, dan pajak tersebutlah  yang membayar gaji para pegawai pemerintah serta pembangunan dll-nya.

Saya tidak akan panjang lebar membahas tentang keluhan kita masyarakat kepada negara khususnya pemerintah. Saya hanya ingin mencari cara bagaimanakah agar saya bisa bermanfaat walaupun sedikit untuk negara. Pertengahan tahun 2012 saya menemukannya !!! berawal dari hoby saya yang suka berpetualang ke daerah-daerah baru, menjadikan saya tau akan wisata beserta pengelola wisatanya. Secara tidak langsung saya menjadikan-nya sebagai studi banding antar wisata satu dengan wisata yang lainnya. Karena hoby saya adalah berpetualang, atau kita ambil sederhananya saja yaitu travelling (Jalan-jalan) maka saya lebih suka memberi gambaran dan perbandingan-perbandingan tentang objek wisatanya. Hal ini lah yang akan saya tuangkan dalam tulisan kali ini, walaupun jalan belum terbuka lebar, semoga dengan tulisan ini jalan ku semakin lebar, dan menjadikan saya untuk semakin mencintai negara saya sendiri “Indonesia”.

Kutai barat adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan timur yang mempunyai areal hutan yang masih alami, namun sayangnya sekarang hutan alami (perawan) itu semakin berkurang sejak adanya penambangan batu bara serta pembukaan lahan kelapa sawit di kabupaten yang semakin meluas jumlah hektarnya.

Air Terjun "Jantur Inar"

Sudah banyak objek wisata di kabupaten ini yang saya kunjungi, namun hanya satu objek wisata yang selalu saya soroti. JANTUR INAR adalah sebuah air terjun yang terletak di kampung temula Kec.Nyuatan Kab.Kutai barat adalah air terjun tertinggi dikabupaten ini, dengan tinggi ± 35 meter, ironisnya saat ini debit air semakin berkurang, entah kenapa? Saya belum mencari tau lebih dalamnya. Lebih ironisnya lagi kawasan tersebut sangat kotor dengan rumput-rumput yang tak terurus serta banyaknya sampah plastik berserakan.

Sampah-sampah yang berserakan dimana-mana :(
Rumput-rumput yang tak terurus :(
Tangga yang rusak, jika hujan licin, korbannya ??
Di dekat air terjun tersebut ada sebuah bangunan kumuh yang pada tahun 1991 dipergunakan sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), namun sayangnya hanya bisa dipakai tidak lebih dari 2 bulan sejak beroperasinya. Padahal ketika itu masyarakat hanya disuruh membayar antara Rp.15.000 hingga Rp.20.000 /bulannya.

Hal yang paling memilukan adalah objek wisata ini tidak dilengkapi dengan toilet/tempat ganti serta gajebo-gajebo (tempat beristirahat) layaknya seperti di objek wisata lainnya.

Pada tahun 2008 sempat ada bantuan dari Dinas terkait, yaitu infrastruktur berbentuk tangga yang terbuat dari semen, namun proyek tangga itu tidak sampai ke air sungai menuju air terjunnya, hanya sampai ditengah-tengah jalan hutan tersebut. Karena tidak sampai, maka selebihnya tangga penghubung itu terbuat dari kayu, yang dana perbaikan tangga kayu tersebut berasal dari kas masyarakat pengelola air terjun tersebut.

Sebelum memasuki areal air terjun tersebut, disana terdapat sebuah mesjid yang pembangunannya berasal dari perusahaan minyak di Balikpapan. Namun masjid tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan objek wisata air terjun tersebut (maksudnya dana dari karcis masuk plus parkir kendaraan di kawasan air terjun tidak masuk ke kas masjid, melainkan ke kas masyarakat yang mengelola), walaupun masih satu kawasan diatas tanah milik warga yang sama.


Sebelah kiri tangga kayu, sebelah kanan tangga semen, lumayan :D


keren pemandangannya, tapi tangganya??
Disini saya tak akan menyalahkan pemerintah (dinas terkait) ataupun masyarakat yang mengelola, karena saya belum mendapatkan info yang begitu akurat tentang apakah pernah terjalin kerjasama yang lebih mendalam, walaupun ada beberapa isu secara langsung yang saya dengar akan kesimpang siuran pengelolalaan objek wisata ini termasuk pembicaraan dinas terkait dengan pengelola objek wisata.

Saya hanya ingin mengajak, terkhususnya warga Kutai barat untuk sadar wisata maupun sadar akan alam kita, bukan hanya kita yang hidup, kelak keturunan kita akan semakin banyak dan mereka pun menikmati akan alam, namun kita tak akan tau, apakah alam ini wujudnya selalu sama dengan saat ini? Ataukah punah? Namun tolong digaris besarkan untuk para pembaca, saya bukan dari dinas terkait !! ataupun agen perjalanan !! ataupun dari pengelola objek wisata manapun.

Baiklah saya akan memulai dengan perbandingan-perbandingan objek wisata yang pernah saya singgahi, ini sebagai acuan agar saya mendapatkan masukan yang positif tentang apa yang seharusnya nanti saya lakukan terhadap objek-objek wisata di kabupatenku khususnya air terjun jantur inar.

LABUAN CERMIN yaitu sebuah danau unik dua rasa yang berada di Kabupaten berau, Kalimantan timur. Saya sangat tertarik akan paparan salah satu ketua RT disana, yaitu tentang pembagian dana yang berasal dari objek wisata tersebut. bahwa tiket masuk + sewa perahu untuk menuju danau tersebut yang tarifnya dikenakan sebesar Rp.100.000 PP dengan jumlah penumpang maxsimal 10 orang tersebut, yaitu Rp.50.000 masuk ke kas Kecamatan & Rp.50.000 nya lagi ke masyarakat (yang mempunyai perahu).

Danau unik 2 rasa "Labuan Cermin"
Saya sempat menerka-nerka, tapi entah terka’an saya ini benar atau salah (jika nanti saya kesana lagi, saya mau tanya sama ketua RT-nya, tentang ada enggaknya jalan darat menuju Labuan cermin tersebut). Kalau saya lihat sebenarnya untuk menuju danau ini kita tidak perlu menggunakan perahu, cukup dengan berjalan kaki yang saya prediksi sekitar 20 hingga 30 menit dari belakang rumah sang ketua RT. Namun mungkin masyarakat disana pernah rapat tentang objek wisata ini, yaitu pemikiran yang sama bagaimana caranya objek wisata yang menurut saya sangat menarik & jarang ada didaerah lain menjadi pemasukan kas yang besar. Anda dapat berfikir sendiri dari apa yang saya tuangkan dari kalimat-kalimat di atas, dan satu kata saya sangat salut dengan pemikiran masyarakat disana akan sadar wisata nya J

LOKSADO yaitu sebuah desa di Kandangan, Kalimantan Selatan.  Mempunyai alam yang begitu terjaga akan keasrian hutan alami, yang ditinggali oleh suku dayak meratus, sepintas desa ini tak jauh beda dengan kampung temula tempat air terjun inar di kabupatenku tadi berada. Disana pun terdapat air terjun yang bernama air terjun haratai, yang masih kurang tinggi dibandingkan air terjun inar, bahkan untuk menuju ketempat tersebut sangat lah jauh dari jalan besar (jalan raya), hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 atau dengan berjalan kaki sepanjang 8 km. Selain air terjun terdapat objek wisata yang sangat menarik sekali yaitu bamboo rafting. Dengan menaiki rakit yang terbuat dari bamboo ini, kita bisa menikmati arum jeram kecil di sepanjang sungai amadit yang semuanya dikelola oleh masyarakat disana. Didekat dermaga tempat start nya bamboo rafting terdapat kamar ganti beserta toilet dan tempat berteduh yang sangat bersih (Januari 2012). Gajebo-gajebo beserta tangga di dekat air terjun haratai pun masih sangat baik serta kokoh. Yang membuat saya sangat takjub, yaitu selama saya melakukan kegiatan bamboo rafting di sungai amadit jarang sekali saya menemukan sampah di sungai tersebut, dan hanya satu jamban yang saya temui dipinggir sungai, itu pun sepertinya tidak dipakai lagi. Sungguh masyarakat yang sadar sekali akan pelestarian lingkungannya.

Bamboo rafting di Loksado
Cukup hanya 2 perbandingan objek wisata yang semuanya dikelola secara langsung oleh masyarakatnya yang saya tuliskan. Walaupun saya tau masih banyak objek-objek wisata yang dikelola dengan baik di Negara kita. Semoga dengan tulisan saya kali ini, membuat objek wisata di daerah saya semakin meningkat kwalitasnya. Mungkin masyarakat berfikir siapa juga yang mau datang ke kabupaten ini, dikarenakan akses jalan ke daerah kabupaten kutai barat yang begitu buruk dengan aspal yang hancur dan lobang-lobang yang semakin dalam, walaupun saat ini sedang dalam perbaikan disana-sini. Namun tanpa disadari, begitu banyak pendatang dari luar daerah bahkan luar pulau Kalimantan yang datang untuk bekerja dikabupaten ini, sehingga seringkali para pekerja mencai tempat hiburan yang dekat dengan tempat kerjanya, yah mereka inilah yang secara tidak langsung menjadi wisatawan.

2 komentar:

paket wisata lombok gili bali mengatakan...

waw keren air terjun nya :)
kapan-kapan bisa dtng ksini nih

Paket Wisata Lombok
Mutiara Lombok
lombok property

IBU ROSMIATI mengatakan...

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates