Minggu, 12 Mei 2013

WAKATOBI, SULAWESI TENGGARA

Perjalanan ini saya lakukan pada tanggal 25 s/d 29 April 2013.

Catatan : Sebelumnya saya minta maaf karena saya terlalu egois untuk mempublikasikan tulisan yang belum kelar 100 %, tapi tak apalah, soalnya sudah banyak yang menunggu, tulisan ini akan segera saya selesaikan. Terima kasih karena sudah membacanya terlebih dahulu :D

Bagi penikmat panorama bawah laut (snorkling maupun diving), Wakatobi menjadi salah satu surganya panorama bawah laut, dikarenakan memiliki beranekaragam kekayaan alam bawah laut seperti terumbu karang dan aneka binatang laut, saya sangat merecomendasikan anda untuk ke kawasan ini, karena terumbu karangnya besar-besar !!!!. Wakatobi adalah sebuah kabupaten baru yang berdiri pada tahun 2003 masuk dalam Provinsi Sulawesi Tenggara, memiliki luas area sekitar 1.39 juta ha yang masuk dalam kawasan Taman nasional Wakatobi memiliki empat pulau besar yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Namun dikarenakan minimnya informasi masalah transportasi ke daerah ini banyak orang yang putus asa sebelum melakukan perjalanan, apalagi perjalanannya sangat memakan waktu yang lama. Maka dengan ini saya berusaha memberikan sedikit informasi tentang Kab.Wakatobi, bukan hanya informasi tentang transport saja yang akan saya paparkan dalam tulisan saya kali ini, ada beberapa spot snorkling maupun diving dan informasi lainnya yang juga akan saya cantumkan disini.


Baiklah saya akan memulai untuk memaparkan beberapa hal tentang Wakatobi.

A.TRANSPORT

a.MAKASSAR menuju BAU-BAU atau sebaliknya.

Kita akan memulainya dari Kota Makassar (Sulawesi Selatan), karena Makassar adalah sebagai pintu gerbang utama ke daerah-daerah di Pulau Sulawesi dari manapun anda berada. Ada 2 alat transport yang bisa digunakan untuk menuju Kota Bau-bau dari Makassar, Kota Bau-bau adalah pintu gerbang selanjutnya untuk menuju Kab.Wakatobi, yaitu :

1. Pesawat

Untuk pesawat yang mempunyai penerbangan ke Bau-bau ada setiap hari yaitu Merpati , Lion & Exspress, untuk pembelian anda bisa melakukannya secara online kecuali pesawat Exspress.
Untuk lama perjalanan udara ± 1 jam
Harga sekitar Rp.300.000 hingga Rp.800.000

2. Kapal laut (PELNI)

Jadwal Pelni dapat anda lihat di www.pelni.co.id namun jadwal ini sering kali berubah-ubah, jadi sebelum anda melakukan perjalanan sebaiknya anda melakukan survey terlebih dahulu tentang alternative-alternatif transportasi lainnya
Untuk lama Perjalanan laut dengan kapal ± 15 jam
Kelas ekonomi Rp.135.000 (diagen Rp.145.000)

Setelah anda tiba di Kota Bau-bau, anda dapat langsung menuju kawasan di kab.Wakatobi. berikut akan saya paparkan satu demi satu cara menuju ke pulau-pulau di Wakatobi (yang saya lakukan plus info telah saya dapatkan dan lumayan terpercaya)  :

b.BAU-BAU menuju Kab.WAKATOBI

Sebelum saya memaparkan lebih jauh, terlebih dahulu saya perkenalkan nama pelabuhan di kota Bau-bau. Nama Pelabuhan di Bau-bau adalah Pelabuhan Murhum, Pelabuhan disini melayani semua rute dan tempat bersandar serta singgahnya kapal-kapal tujuan Bau-bau ke Makassar, Wanci, Kaledupa, Tomia dllnya.


Pelabuhan Murhum, Kota Bau-Bau

1. Bau-bau ke Wangi-wangi (Wanci) atau sebaliknya

Ada 2 transport menuju ke daerah wanci dari bau-bau, yaitu pesawat & kapal kayu :

    -  Pesawat
Maaf belum mendapatkan info.

   -  Kapal Kayu
untuk nama pelabuhan di wanci adalah pelabuhan Panjang mandati.
Jadwal kapal kayu berangkat setiap hari (hanya ada 1 kapal setiap harinya yang berangkat) dari bau-bau  menuju wanci ataupun sebaliknya, berangkat jam 9 malam dan sampai sekitar jam 7 pagi, harga 1 tiket Rp.105.000

2.  Bau –bau ke Kaledupa atau sebaliknya

   -  Kapal Kayu
Maaf untuk Jadwal & harga saya belum tau informasinya
Jika dari tomia anda ingin ke kaledupa, anda dapat menumpang kapal kayu/speedboat ke wanci dan minta turun di kaledupa

   -  Kapal Cepat
Kapal cepat dari bau-bau hanya sampai kaledupa (Pelabuhan Buranga).
Kapal cepat seperti kapal cepat cantika dengan lama perjalanan antara 2 hingga 3 jam dengan hargatiket Rp.150.000,- namun saya kurang tau letak pelabuhan kapal ini.

3.  Bau – bau ke Tomia atau sebaliknya

Ada 2 transport menuju ke daerah Tomia dari Bau-bau, yaitu pesawat & kapal kayu :

-  Pesawat
Maaf untuk yang ini saya belum banyak mendapatkan info.

-  Kapal Kayu
Jadwal kapal kayu berangkat dua hari sekali (Jadwal dapat berubah-ubah) dari bau-bau menuju Tomia  berangkat jam 9 malam dan sampai sekitar jam 9 pagi, harga 1 tiket Rp.120.000

c.       ANTAR PULAU KE PULAU DALAM KAWASAN Kab.WAKATOBI

        a. Wanci ke Tomia atau sebaliknya

          -  Kapal Kayu
berangkat setiap hari (hanya ada 1 kali keberangkatan) dari wanci menuju tomia berangkat jam 8 pagi (tergantung penuhnya penumpang, jika penuh langsung berangkat)

lama perjalanan antara 4 hingga 6 jam.
harga tiket perorang Rp.100.000

          -  Kapal cepat/speedboat
berangkat setiap hari (hanya ada 1 kali keberangkatan) dari wanci menuju tomia berangkat jam 8 pagi (tergantung penuhnya penumpang, jika penuh langsung berangkat)

lama perjalanan antara 2 hingga 3 jam.
harga tiket perorang Rp.120.000


Kapal cepat/speedboat

Suasana didalam kapal cepat/speedboat


B.SPOT-SPOT SNORKLING & DIVING DI WAKATOBI

1.  Pulau Wanci
           a.  Desa Waha
Dikawasan ini anda bisa snorkeling maupun diving, kawasan ini termasuk wilayah binaan coremap II wakatobi. Di desa ini anda bisa meminjam semua perlengkapan alat snorkling maupun diving, dengan harga yang relative sangat murah.

Sebagai perbandingan untuk diving tanpa sertifikat (pemula pun bisa) di kawasan ini hanya ditarik tarif sebesar Rp.700.000 (Lengkap dengan alat2 diving).

Jika anda ingin yang lebih berkelas anda bisa menikmati terumbu karang dengan membeli paket di Patuna resort wakatobi.
Pantai Patuna resort wakatobi.


        b.  Kawasan Sombu
Untuk menuju ke kawasan ini, jika dari pelabuhan wanci ( Panjang mandati ) rute nya adalah sebelum memasuki desa waha, terletak di dekat Pabrik es yang dibelakangnya mempunyai jembatan, dibawah jembatan tersebutlah anda bisa snorkling gratis untuk melihat terumbu karang yang super besar-besar.

      c.   Waelumu
      d.   Kapota
      e.   Wandoka

2.  Pulau Kaledupa
      a.  Pulau Hoga
      b.  Lintea

3.   Pulau Tomia
      a.  Marimabuk
Kawasan ini mempunyai 3 spot terumbu karang, tepatnya kawasan ini terletak dibelakang SMA Negeri Desa Omea indo, Tomia.

      b. Pulau sawa
      c.  Pulau ndaa

4.   Pulau binongko
Maaf Belum dapat informasi

C.OBJEK WISATA LAINNYA DI WAKATOBI

1.   Pulau Wanci
       a. Kampung Bajo
Suku Bajo, sebuah masyarakat yang sebagian besar hidupnya dibesarkan lewat   asuhan laut. Tak hanya di Indonesia, keberadaannya juga tersebar di sudut – sudut perairan dunia seperti di Australia, Filipina, Jepang, Madagaskar dan Hongkong. Mengacu pada spirit bahari yang ada, mereka pun dikenal dengan reputasi sebagai pelaut ulung yang mampu berkelana dalam jangka waktu berbulan.

b. Goa Kontamale

c. Benteng Liya
Merupakan kawasan pusat kebudayaan tua Wakatobi yang tak jauh dari desa liya terdapat pusat budidaya rumput laut, didekat benteng liya terdapat juga sebuah Mesjid Agung Liya

d.      Pantai Waha
e.      Pantai cemara

2.       Pulau Kaledupa

3.       Pulau Tomia

a.       Puncak Kahiangan (Tempat syutingnya film Mirror Never Lies)
b.      Pantai u’unte’e
c.       Pantai soha
d.      Onemoba’a
e.      Benteng Patua

4.       Pulau binongko

4 komentar:

tulus-traveler mengatakan...

nice infoh

rahmayana rebang mengatakan...

hehe.. tapi belum kelar tulisan nya :D

fredy effendy mengatakan...

Infonya aja kah mba........Racun Fotonya Manaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...
Mau yang underwaternya

IBU ROSMIATI mengatakan...

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates