Rabu, 01 Mei 2013

ADA CINTA DI ATAS PESAWAT 'edisi ramang-ramang Sulawesi Selatan

Semua traveler (orang yang suka berwisata dengan jalan-jalan) yang masih berstatus single pasti berangan-angan untuk menemukan jodohnya dari setiap perjalanan ketika dia sedang pergi berpetualang kesuatu tempat. Beranga-angan yang duduk disamping baik di dalam bus, kapal atau pun pesawat adalah bakal calon jodohnya. Begitu pula dengan aku.

Panggil saja dia jo, dia berasal dari Palembang, kami berkenalan didalam pesawat tujuan bau-bau (Sulawesi Tenggara) ke Makassar (Sulawesi Selatan). Kami duduk bersampingan, satu demi satu kalimat keluar dari obrolan kami dan berakhir panjang hingga cerita demi cerita tentang pribadi kami masing-masing dan akhirnya memutuskan untuk jalan bareng keliling kota Makassar sebelum esok harinya kami akan melanjutkan penerbangan ke kota masing-masing (aku ke Balikpapan sedangkan dia ke Palembang).

my new travelmate 'Jo

Seharusnya kami sudah bertemu di wanci (Kab.Wakatobi), kebetulan siang itu ketika aku memulai untuk snorkeling di kawasan waha, aku melihat beberapa orang dipinggir pantai sedang berlatih sebelum melakukan diving, dan ternyata salah satu diantara mereka adalah jo (tapi kami belum saling kenal). Begitu juga ketika malam hari aku menumpang kapal kayu dari wanci menuju bau-bau, ternyata kami satu kapal !!!

Namun kami baru benar-benar bertatap muka dibandara bau-bau, dia sempat menyapaku, tapi ternyata aku kurang tanggap, dan akhirnya perkenalan kami terwujud didalam pesawat, dia duduk di 3C sedangkan aku di sebelahnya yaitu 3D (kebetulan pesawatnya kecil yang satu deret sebelah kiri hanya ada dua kursi bersebelahan, begitu juga yang sebelah kanan).

Sesampainya kami di bandara Makassar, aku menelpon teman dari mapala UNHAS atas rekomendasi dari temanku di wanci, ternyata dia sudah menunggu kami dibandara, kami pun dipinjami satu motor untuk keliling Makassar. Senyum lebar pun terlihat dari bibir kami, karena kami tidak menyangka akan mendapatkan pinjaman motor, apalagi oleh orang yang tidak kami kenal sama sekali sebelumnya.

Awalnya aku kurang percaya dengan si jo untuk menjoki motor tersebut. Tapi dugaanku sangat salah besar, jo itu super hebat, aku pun di buat tercengang olehnya dan ternyata dia mantan rider (katanya). Jam 2 siang kami pun mulai berpetualang dari Unhas menuju Kab.maros untuk melihat karst terbesar ke 2 diasia.

Ramang-ramang, Maros, Sulawesi Selatan
Semua orang yang baru kukenal akan kujadikan 'cinta

Tapi sayangnya kami tidak bisa berlama-lama disana, karena kami ingin melihat sunset di pantai losari, namun macet menghalangi kami untuk melihat sunset. Padahal si jo sudah menggas kencang motor matic tersebut, menyelip diantara kendaraan-kendaraan, hingga memotong jalur agar tidak terjebak macet lebih lama diperjalanan kota Makassar.

Karena sunset telah hilang dari pantai losari yang katanya disanalah sunset terindah di Indonesia, maka kami langsung saja untuk mencari makan dan selanjutnya mencari penginapan.

Usai makan dan menuju penginapan, kami langsung membersihkan diri dipenginapan. Sejenak kami istirahat dan bersiap-siap untuk menikmati malam di kota Makassar. Sebuah lokasi di jalan Sungai Cerekang Makassar menjadi tempat pilihan kami untuk menikmati malam kota Makassar ditemani minuman khas kota Makassar yaitu sarabba dan beberapa gorengan. Kawasan ini sangat terkenal dengan minuman khasnya “sarabba” minuman yang terbuat dari santan, gula merah dan jahe (bisa dicampur dengan telur ayam kampung) ini kursinya selalu penuh dan ramai hingga dini hari. Ditempat ini kami tidak hanya berdua, kami ditemani oleh kak awi & kak asok yang memang tinggal di kota ini.

Jam setengah sebelas malam kami mengakhiri pesta “sarabba” tersebut dan balik ke penginapan tidak lupa kami mengisi penuh tangki motor, agar subuh hari kami tidak kerepotan lagi ketika bensin habis. Yup subuh hari, tepat jam 3 pagi kami harus sudah packing dikarenakan jarak penginapan (kawasan cinatown Makassar) ke bandara yang terlalu jauh, sedangkan penerbangan jo jam 6 pagi. Aku pun rela mengantarnya ke bandara di jam 4 pagi, padahal penerbanganku masih lama yaitu jam 11 pagi.

Tak terasa kebersamaan ini harus berakhir di jam 6 pagi, semoga cinta kita akan selalu bersama selamanya, cinta sebagai saudara baru, tanpa rasa canggung perkenalan kami seakan-akan telah lama terjalin, cinta dalam balutan persaudaraan yang berawal dari duduk bersampingan disebuah pesawat, dan mempunyai hoby yang sama yaitu suka dengan petualang-petualang baru menjadikan kami se-ide se-pikiran hingga kami menemukan keindahan yang tak dimiliki oleh daerah di Indonesia manapun selain di Kab.Maros (Sulawesi selatan) yaitu susunan-susunan batu karst terbesar kedua di asia ‘ramang-ramang.

Catatatan : cinta itu bukan hanya berbentuk kasih terhadap pasangan, namun cinta bisa kepada ‘rasa persaudaraan terhadap orang lain yang baru saja kita kenal, untuk diketahui si “jo” itu sudah berkeluarga alias sudah menikah dan aku mengetahuinya ketika didalam pesawat. Semoga ada cinta lain yang akan terjalin kembali pada setiap orang yang kutemui didalam perjalanan-perjalananku kelak

untuk ke dua kali nya ku menatap karst di Kab.Maros

12 komentar:

Tulus Traveler mengatakan...

lucu mbak.. keren.... semnagt!!1 lanjutkan hingga 34 provinsi!!

rahmayana rebang mengatakan...

heheee.. makasieh sport gapai 34 nya yach lus :D

Dian Fernanda mengatakan...

Ada cinta di setiap perjalanan :)
Salam kenal dari batam Mbak ^^

muhammad akbar mengatakan...

cerita trip + kisah cinta
seru...Cinta adalah kasih sayang.
siapapun yang memberikan kasih sayang itulah cinta.

sama dengan cita-citanya mba'.
saya juga punya mimpi mengunjungi 34 provinsi
silahkan berkunjung ke blog saya.
http://backpacker-amatiran.blogspot.com/2013/04/mimpi-keliling-indonesia.html

rahmayana rebang mengatakan...

dian... yupz, slogan itu selalu kita dengar indah, salam balik dari kaltim :)

Akbar... hehee... sama cita2nya :D
baiklah saya akan mengunjungi blog nya yach :)

Chandra C. A. Putri mengatakan...

asli keren ini mba, coba dibukukan
salam kenal dari bandung ya :)

rahmayana rebang mengatakan...

hemmm... saya masih perlu banyak belajar dalam hal jurnalistrik, yach paling tidak paham cara pengeditan, maklum kalimat saya masih berantakan.
salam balik dari kalimantan timur yach mbak :)

rembulan purnama mengatakan...

keren Mba :D

rahmayana rebang mengatakan...

trims rembulan sudah singgah di blog saya :)

apurie , mengatakan...

wuiuh....seru ceritanya... :)

rahmayana rebang mengatakan...

apurie.. hehee.. pengen buat cerita seperti ini lagi, tapi belum move on dari mood :(

IBU ROSMIATI mengatakan...

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates